Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Ir. Netti Aryani, MS Dalam Bidang Biologi Reprodksi dan Nutrisi Ikan

Netti Aryani di lahirkan di Tanjung Pinang pada tanggal 17 Juli 1960, merupakan anak kedua dari lima bersaudara dari pasangan Bapak Syofyan Rukman (Almarhum) dan Ibu Hj. Armis Rakanoen. Beliau menghabiskan masa kecilnya di Kota Tanjung Pinang bersama orang tuanya yang pada waktu itu bapaknya bekerja sebagai karyawan Radio Republik Indonesia (RRI) Tanjung Pinang.
Pendidikan Sekolah Dasar diselesaikannya pada tahun 1974 di sekolah dasar negeri (SDN) I Tanjung Pinang, selanjutnya beliau melanjutkan ke sekolah menengah pertama SMP Negeri II Tanjung Pinang, karena mengikuti sanga ayah yang pindah tugas ke Pekanbaru pada tahun 1974 sehingga pendidikan SMP diselesaikannya di SMP Negeri I Pekanbaru pada tahun 1977. kemudian pada tahun 1977 beliau melanjutkan sekolah menengah atas (SMA) Negeri I Pekanbaru dan selesai pada tahun 1980.

Kemudian pada tahun 1980 beliau melanjukan pendidikan strata satu di Fakultas Perikanan Universitas Riau pada Jurusan Budidaya Perairan dan menyelesaikan pendidikan S1 nya pada awal tahun 1985.
Pada tahun 1986 beliau menikah dengan Bapak Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, MS yang merupakan dosen pada lembaga layanan pendidikan tinggi (LLDIKTI) Wilayah X dan ditempatkan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta Padang.
Pengalaman peerjaan yang beliau lalui adalah sebagai Penyuluh Pertanian Spesialis (PPS) pada Balai Informasi Pertanian Padang pada tahun 1985-1988. Selanjutnya pada tahun 1989 beliau mulai mengajar di Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan Universitas Riau dengan SK CPNS diperoleh pada bulan Februari 1990. Selanjutnya pada tahun 1991 melanjutkan pendidikan Strata 2 pada Pascasarjana Institut Pertanian Bogor Program Studi Biologi Reproduksi dengan mendapatkan Beasiswa TMPD DIKTI. kemudian bulan November 1993 beliau menyelesaikan studinya, dan kembali ke Universitas Riau untuk mengajar dan Mengabdi.
Pada tahun 2005 beliau kembali melanjutkan pendidikan Strata 3 di Universitas Andalas pada Program Studi Ilmu-ilmu Pertanian dengan pemusatan Ilmu Ternak dengan mendapatkan Beasiswa BPPS DIKTI. Kemudian memperoleh gelar DOKTOR di Universitas Andalas Padang pada tahun 2010, kemudian beliau kembali ke Universitas Riau mengajar dan mengabdi sebagai Dosen hingga saat ini.
Beliau Aktif mengajar pada Program S1 Jurusan Bididaya Perairan dan Program S2 Megister Ilmu Kelautan. selain mengajar beliau juga aktif melakukan Tridarma Perguruan Tinggi dengan melaksanakan Perbagai Penelitian sesuai dengan Bidang Keahliannya serta melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat. hal ini terbukti beliau banyak mendapatkan pendanaan untuk penelitian seperti; Penelitian dosen muda, Hibah bersaing, penelitian Strategis Nasional, Penelitian Fundamental, INSINAS dan Penelitian Dasar Ungulan Perguruan Tinggi, selain itu juga pernah melakukan penelitian kerjasama dengan BPPT Provinsi Riau. hasil penelitian tersebut sudah dipublikasikan pada jurnal Nasioanal Terakreditasi, dan Jurnal Internasional bereputasi yang terindek Scopus.
Selain itu beliau juga aktif sebagai Dosen pembimbing dan pendamping mahasiswa pada kegiatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan juga sebagai Reviewer Internal Periode 2016-2018.
Pada Pengukuhan Guru Besar ini beliau meyampaikan Pidato Pengukuhan Guru Besar dengan Judul STRATEGI PENGEMBANGAN DOMESTIKASI IKAN GESO (Hemibagrus wyckii, Bleeker 1858, Bagrudae) DALAM RANGKA MEMPERSIAPKAN KANDIDAT IKAN BUDIDAYA